Boss-nya Uang !

Saya bukan pakar keuangan, tapi sebagai seorang single mom mengharuskan saya bisa banyak hal, sebut saja dari bekerja di kantor untuk mengasilkan income, mengurus anak (memperhatikan makanan, perkembangan, kebutuhannya) mengurus hal-hal di rumah beserta domestic issues yang menyertainya ( bohlam putus, cari tukang benerin pintu rusak,  mbak ngambek, suster minta berhenti, rumput di halaman perlu dipotong dan masih banyak daftar panjang lainnya  ^___^).

Ga kalah penting saya harus jago mengatur uang, karena oh karena many bills need to be paid😀 dan saya doyan jalan-jalan, jadi gimana cicilan terbayar, semua kebutuhan rumah tercukupi, kebutuhan anak apalagi, tapi tetap bisa jalan-jalan.

Intinya semua adalah belajar, saya membekali diri dengan membaca buku, artikel, atau mengikuti seminar keuangan, prinsip saya, kita akan berhenti belajar kalau kita sudah mati, selagi masih bernafas artinya kita harus tetap belajar😉

beberapa hal ( dari buanyaakk hal) yang penting buat saya dalam mengatur keuangan adalah :

1. ACTION

Ilmu yang sedikit bisa langsung diterapkan,tak perlu tahu banyak, atau berilmu banyak dulu baru mulai melangkah, sebelum saya mengenal reksadana, masih single dan baru pertama kerja, saya membuka rekening yang tiap bulan rekening saya yang lain akan di auto debet atau saya otomatis nabung di awal bulan. Dan dengan disiplin ini, saya berhasil loh bisa untuk down payment mobil * bangga*🙂

Setelah punya anak, sayapun mengenal reksadana, karena kurang informasi saya membeli reksadana saham yang kurang tepat, pertumbuhannya per tahun tak sampai 20%, tapi sejalannya waktu saya tahu tindakan apa yang perlu saya ambil. Sekarang reksadana yang saya beli “cukup sehat”.

Jadi jangan banyak pertimbangan ini ono, just do it , toh kita tetap belajar, dan kekurangan sana-sini bisa diperbaiki ke depannya nanti.

2. TUJUAN

Yang membuat kita bersemangat mengatur uang adalah “TUJUAN”  mau untuk apa uang ini.  Dulu sewaktu mulai bekerja saya pingiiiin banget punya mobil, sampai-sampai tidur dengan brosur-brosur mobil🙂 . Karena saya tahu tujuan saya adalah punya mobil saya ga “gatel” untuk ambil uang saya kumpulkan. Sama seperti sekarang, saya punya reksadana dan tiap minggu saya cek NAB -nya, ini ga menggoda saya untuk cairkan reksadana ini, karena ada tujuannya yaitu Dana Kuliah anak saya kelak. Nah kamu ngumpulin uang untuk apa hayo ?

3. Berani Gesek Berani bayar

Selain mengatur pengeluaran, seperti cicilan maksimum 30%, investasi 10 – 30%, biaya rutin rumah/anak dll 30%, senang-senang 20% ( senang-senang ini penting untuk kesehatan jiwa anda :p).  Sering kali  New arrival, atau barang SALE menggoda, dan sepertinya mereka punya tangan melambai-lambai memanggil kita. Nah pertanyaannya boleh gak gesek kartu kredit? karena kadang kartu kredit memberikan promo-promo tertentu. Untuk saya sih jawabannya BOLEH, asal…… berani gesek, berani bayar, sewaktu tagihan datang  harus dibayar LUNAS !!!! ( pakai tanda seru yang banyak)

sebenarnya masih ada hal penting no. 4 – sampai no. 100  :D, tapi dari pada kamu baca blog Indah, yang banyakan selipan curcolnya, lebih baik  buka ini deh, LiveOlive, Banyak informasi yang membuat kita wanita kece semakin pintar mengatur keuangan,  dan bagi kamu  yang aktif berkicau atau dengerin orang lain berkicau bisa follow twitternya @myliveolive dan follow Goggle+nya, yang suka lihat video di youtube monggo subscribe ke sini, dan jangan lupa like Facebook fan page-nya ya…

Pinter-pinter atur uang,  cicilan rumah terbayar, kartu kredit terbayar lunas, investasi tetap jalan, dan tetap bisa  jalan-jalan bareng  Kalev.. YAYYYYY :D

Pinter-pinter atur uang, cicilan rumah terbayar, kartu kredit terbayar lunas, investasi tetap jalan, dan tetap bisa jalan-jalan bareng Kalev.. YAYYYYY😀

Buat saya uang itu penting, tapi tidak menjadi diperhamba uang, kita yang jadi boss atas uang, kita yang mengatur uang, bukan sebaliknya, setuju kan?🙂

3 thoughts on “Boss-nya Uang !

Leave a Reply

