Cheong Fatt Tze Mansion #PenangTrip

Berbaur dengan penduduk lokal adalah hal yang menyenangkan dari setiap perjalanan. karena itu kami memilih untuk menginap di daerah Goerge Town, dan banyak pilihan hotel  maupun hostel dengan harga terjangkau

Salah satu obyek wisata yang wajib kunjung (menurut saya) adalah Cheong Fatt Tze Mansion.

Mansion yang kini juga berfungsi menjadi hotel ini berada di Lebuh Leith 14, George Town, Penang. Dari tempat kami menginap di Chulia Heritage Hotel,  bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Tour di Mansion ini 3X dalam 1 hari, jadi ga bisa nongol sendiri di sana, trus mau masuk, lihat-lihat, foto-foto.

Jam 10 pagi, jam 1 siang dan yang sore saya lupa waktu tepatnya.

Untuk tiket masuk RM12 per orang, dapat pembatas buku sebagai souvenir. Dan sebelum tour dimulai silahkan berfoto ria di bagian luar dari mansion.

Rumah besar ini dibangun oleh Cheong Fat Tze, seorang pengusaha yang sudah merantau dari negeri Cina mulai dari umur 16 tahun.

Bisnis nya tidak cuma di daerah Penang, Dari bisnis transportasi, perkebunan, jual-beli (perdagangan). Bahkan Cheong Fat Tze punya mansion lain di Medan. Yang menyedihkannya saya sebagai anak Medan tidak tahu akan hal ini.😦

Mansion yang terdiri dari 38 kamar/ ruang , 7 tangga, 5 halaman dan 220 jendela ini menggunakan  bahan material yang terpilih, bahkan sebagian didatangkan dari Eropa. Semua pengerjaannya sangat detail.

Penempatan pintu, jendela, dan ruangan diatur menurut aura dan “chi’ yahh seperti Feng shui.

Salah satu menarik buat saya adalah taman di tengah rumah, seperti gambar di bawah ini.

Image

Image

Sewaktu hujan, air akan menggenangi taman ini, saluran air sengaja ditutup. Ketika air akan penuh tidak sampai meluber ke lantai di atas. Saluran akan dibuka kecil saja, agar air bisa mengalir dengan perlahan.

Air menggambarkan rezeki, begitulah rezeki dikumpulkan. Kita tidak bisa membantu orang, atau berbelanja bila kita tidak punya uang kan? oleh karena itu kita harus telaten mengumpulkan rezeki agar kita bisa menggunakannya untuk kebutuhan kita dan juga membantu orang lain.

Saluran dibuka kecil saja, itu artinya kita menggunakan uang dengan bijaksana, tidak bisa nepsong belanja sampai duit habis, atau bahkan sampai ngutang ^__^

Jadi uangnya harus ada dulu, baru bisa dialirkan, ga bisa ngayal punya uang terus belanja pakai gesek kartu Kredit hehehehhe :p

Dikala ibu-nya menikmati penjelasan aunty si tour guide, apa yang dilakukan bocah berumur 22 bulan? yupp… naluri laki-laki nya sangat kuat, diapun “bersosialisasi” mendekatkan diri dengan cici-cici cantik😀

Image

Setelah menjelaskan ruangan di lantai bawah, aunty  mengajak kami melihat ke lantai atas, untuk lantai atas, yang menarik buat saya adalah hiasan-hiasan di dinding luar rumah ini, dibuat dengan sangat detail menggunakan pecahan keramik, bisa bayangkan berapa lama membuat satu ornamen, sedangkan rumah ini sangat besar dan banyak hiasan dinding dari pecahan keramik. Jadi wajiblah kita ngeceng berfoto dulu di teras balkon lantai 2 mansion ini.

Image

Cheong Fat Tze adalah pebisnis ulung, sangat dekat dengan pihak Belanda dan juga Inggris, itu tentunya memudahkan dalam menjalankan bisnisnya. Sebegitu terkenalnya di kalangan bangsawan Inggris dan Belanda, saat meninggal di tahun  1916, Pemerintah Belanda dan Inggris memerintahkan bendera dikibarkan setengah tiang.

Saat ini Cheong Fatt Tze Mansion atau dikenal dengan Blue Mansion dikelola dan dirawat dengan baik, dan rate per malam untuk menginap di hotel ini cukup mahal dibandingkan dengan hotel lain di daerah George Town, itu kenapa yang menginap pada umumnya turis dari Eropa atau US.

Sisi bagian kamar hotel, adalah sisi yang terakhir dikunjungi sebelum memasuki ruangan yang menjual souvenir. Saya, mami, papi dan Kalev menyempatkan bergaya sebelum keluar mansion.

Image

layaknya hotel pada umumnya,  Mansion ini bisa juga dipakai untuk pesta pernikahan  atau acara-acara lainnya. Kamu bisa check websitenya http://www.cheongfatttzemansion.com atau email ke resv.cftm@gmail.com

Terasa belum puas menikmati keindahan mansion ini, setelah selesai tour dan kamipun tidak bisa masuk ke dalam lagi, dilanjutkan dengan sesi foto-foto di luar mansion.

Image

Diteras depan Mansion dan juga Kalev bergaya di halaman depan, dengan mengangkat dua jarinya.. !🙂

Image

Masih akan ada posting-posting lanjutan dari #PenangTrip , dan semoga semua kelar di-posting sebelum trip selanjutnya ke Legoland, udah ga sabaarrrrr ^____^

One thought on “Cheong Fatt Tze Mansion #PenangTrip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s