Kenangan Kuliah

Teringat masa menjelang dan waktu kuliah dulu. Pengen cerita-cerita…

Seperti aku sebutkan di sini, gimana ortuku itu sayang banget sama aku, sampai2 berusaha agar aku itu ga jauh2 dari mereka. UMPTN sampe 2 kali, awalnya lulus di USU dah itu pake jurus rayu merayu, dan sedikit memelas dikasih untuk kuliah di pulau Jawa, ya dengan syarat lulus UMPTN juga biar murah, maklum aku masuk kuliah papi dah pensiun.

Rencana awal UMPTN maunya di Medan aja, tapi terkena racun rayuan teman-teman yang udah duluan ke Bandung sering nelpon dan bilang “ocha…(some of my friends used to call me ocha) ke sinilah kau, UMPTN di sini aja, deket kontrakan kami ada kost cewek nanti kau kost di situ aja.”

Bujuk papi lagi biar bisa UMPTN di Bandung, “emang kemungkinan lulus lebih besar kalo test di sana?” tanya papi. “iya pi…” jawabku sambil jari tengah dan telunjuk bersilang di balik punggung.😛

Sampe di Bandung, bersama kakak dan abang ipar dari Jkt nyari2 kontrakan mereka. Dengan tanpa berdosa mereka menjawab “aduh cha.. kostnya itu dah penuh” moncroootttt enggakkk,mau kemana diriku arrggghhh.

Akhirnya nyari kost tapi jauh dari tempat mereka, tapi pria-pria itu tetap bertanggung jawab kok.

“Aku mau belanja sesuatu nihhh…..” nelpon lewat wartel dekat kost

“tunggu di kostmu ya.. entar kami telpon siapa yang nemenin kau” jawabnya di sana

Tunggu lima menit telpon kost berdering, “yahh si x bakal jemput kau, tunggu depan gang kostmu ya…”

Mungkin pria-pria itu rembuk dulu giliran siapa yang nemenin aku. hahahahahha aneh juga, tapi yang pastinya mereka tetap bertanggung jawab karna udah berhasil membujuk aku UMPTN di Bandung. Dan sampai sekarang mereka tetap jadi sahabat yang menyenangkan.

Singkat cerita, 3 minggu di sana aku balik ke Jkt menunggu pengumuman UMPTN. 3 minggu di Bandung malah ga ada mbahas soal lagi, cuma rajin memperuncing pensil 2B aja, atau bikin bingung kakak yang tiap minggu njenguk dan beliin susu.

“kok cepat kali habis susunya?” tanya kakak

“iya kak disini dingin jadi aku banyak minum susu” bohong putihku😛

Padahal, kalo temen-temenku itu datang ke kost, semua dibikinin susu, sambil ngobrol2, dasar penjahat hehehhehehhe

Terbangun jam 4 pagi di rumah kakak di Bekasi, langsung buka komputer connect internet dan ternyata aku lulus, bengong aku di depan komputer, entah senang entah sedih, soalnya lulusnya di UGM bukan ITB pilihan pertamaku, bukan perkara ITBnya tapi pisah sama pria-pria gilaku itu, apa aku sanggup? hikksss hikssss

Telpon ke Bandung, lebih bikin aku sedih lagi, tak satupun dari mereka yang lulus. Padahal mereka semua pintar2. Aku nangis sejadi-jadinya (hehehhe mereka ga tau ini loh…, kalo tau mereka GR banget ya sampe aku tangisin..😛 ) Marah sama Tuhan.. “Tuhan aku sayang teman2ku tiap hari aku doain mereka, sebut nama mereka satu-satu.. tapi kok……” aku berdoa sambil tersedu-sedu… Jijay banget khan Indah hehehhehe

Yah… tapi life must go on yakkk….

Oh ya.. satu yang aku dapatkan. Sewaktu kau berdoa dan meminta dengan sungguh kepada Nya, tidak akan kembali sia-sia. Walaupun sepertinya tidak berjalan seperti apa yang kau harapkan. Mungkin mereka tidak lulus di Univ. yang berlambang gajah duduk itu (kok kayak merk sarung yahh hehehe.) But you know guys… sekarang aku melihat mereka menjadi temannya si Dora, yahh they are the explorer. Kerja di perusahaan ok, bisa ke tempat yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya, tetap sederhana. I think God answered my pray in His way not my way. 😉

Menuju ke Jogja. Kena culture shock anak mudanya..

Awalnya tinggal di rumah eyank, tapi tak tahan, bahasa kromo inggil yang tak kumengerti, kebiasaan yang aneh buat aku. Gimana betah? waktu di Medan nonton TV bisa sambil tiduran, kalo ga nemu remote, jempol kaki bisa dijadiin remote, walaupun sering diomelin. Di rumah eyang, nonton TV itu duduk manis, dengan punggung tegak. Ammppuunnnnnnnn akupun menyelamatkan diri hehehehehe bukannya aku ga sayang eyangk loh…😛

Mulai deh perkuliahan. Sejenis OSPEKnya bikin aku geli.

Dibentak-bentak senior, aku malah menahan tawa, sampai menahan pipis sangkin gelinya.

“thundhuk kamu dhekkk….. tundhukkkkk…” (baca pake logat jawa)

Bukannya aku takut tapi jadi geli, gimana enggak, aku yang dari Medan, yang terbiasa dengar bentakan senior waktu di ekskul PKS dulu, dengar bentakan logat jawa jadi geli. Peace lohh bukannya rasis😛

Mulai deh semester awal, sama mata kuliahnya sewaktu aku kuliah di USU, ga terlalu sulit, FISDAS, kalkulus dan teman2nya masih cincaylahhh….. asal belajar, sering latihan pasti bisa….

Mulai semester lima, mulailah saat penyiksaan, saat mata kuliah, Fisika Inti (Fisika Nuklir), Fisika Matematika, Fisika Quantum, Fisika Atom. Akupun hanya bisa menjerit… Tolooonnnggggggggggggggggggggg…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Motto kami adalah “Nyesal masuk jurusan Fisika, tapi lebih nyesal tidak bisa keluar dari jurusan Fisika (lulus red)”

Jungkir balik, segala gaya untuk belajar, dari nongkrong di UPT III, diskusi sama teman-teman. Nongkrong di perpus Fakultas, berharap ada senior yang ngajarin tugas2 yang bikin rambut keriting jadi lurus, dan lurus jadi keriting.

Ohh ya.. sewaktu mau lulus, ada isi biodata, ada isian tempat favorite di kampus. Jijay bajaj sok pinter banget khan kalo aku nulis Perpustakaan, yaiikkkssss… enggak dehh.. padahal iya… hhahaaha

Gimana enggak, di perpus, tempat cari temen ngerjain tugas, ngintip2 dengan jijik orang yang pacaran tapi mengatas namakan mengerjakan tugas bareng, atau cuma baca koran, atau parahnya tidur menunggu kuliah berikutnya di meja bersekat dipojok perpustakaan.

Tapi karna malu aku tulis taman MIPA utara, ternyata oh ternyata 99% yang ngumpulin biodata semua nulis perpus. kekekkekekkeke😛

Kampusku itu kampus tua, kalau dulu tahun 2000 yah aku mulai kuliah, enggak tau deh kalo sekarang berubah. Silahkan anda berkunjung ke kampus MIPA selatan, dan apa yang terjadi saudara-saudara???

Anda seperti masuk ke mesin waktu dan membawa anda ke tahun 80an, ini bukan perkara gedungnya yang yang beraksitektur tua. Tapi dandanan para mahasiswa di sana bosssss…… majalah tentang fashion ga pernah jadi bacaan mahluk2 penghuni kampus itu. Terasa kembali ke zaman jebot…. begitu pengakuan mantanku, di mana dia kuliah di univ swasta di Jogja. Yang pasti penampilan mahasiswanya jauh lebih modis.

Yah termasuk aku juga penampilannya jeboottt juga heheehe

Keuntungannya, anda tidak perlu khawatir tidak membeli baju satu potongpun dalam satu semester, atau baju kuliah cuci kering dan dipakai 3 kali dalam seminggu it’s ok… ndak ada yang comment kok. Menyenangkan bukan?????😛

Praktikum Fisika Inti B,ini praktikum yang ga bisa milih partner, aku dapat partner Riza Fakhroni. Apa mimpiku tadi malam, apa dosaku ya Tuhan???? dapat partner orang termalas di angkatanku, termasuk malas mandi, seringnya mandi di kampus. Ohhh NOOOOOOOOOOOOOOOOOO……

Ni praktikum yang agak aneh, Pretest bukan sama assiten praktikum, tapi sama dosen langsung. Jadi harus lihat jadwal kapan dosennya bisa. Jadi harus bener2 belajar kalo ga lulus pretest ga bisa praktikum. Gimana ga deg-deg ser…. si Riza datangnya pas2an waktunya mulu, dan ngakunya belum mbaca panduan. Jadi cuma waktu ngantri untuk pretest dia cuma baca-baca dikit doank.

Barulah aku tau ternyata Riza adalah temenku yang unik.. Dia memang orang termalas di angkatanku, tapi dia juga yang terpintar, perpaduan yang unik khan??? hehehehe….

Hobbynya bersepeda, sekarang udah kerja, dia malah melanjutkan hobbynya sampe koleksi sepeda.

Fisika Atom, ini aku “kursus” private sama Sahrul waktu minggu tenang dia tiap hari belajar bareng aku, benernya sih dia ngajarin aku. Sedikit lemas sewaktu ujian karena sepertinya ga ada soal yang selesai aku kerjakan paling setengah jalan hitungan. Gimana ga letoyyy anak mudanya..

Dan ternyata aku dapat B, cihuyyyyyyyyy….. kalau aku ngerjain setengah jalan yang lain mungkin salah semua jawabannya makanya dapat B. Spontan aja ngajak si Sahrul makan di KFC tepat disebrang kampus MIPA selatan.

Bowo Suranto, nih temanku yang paling unik… jago banget soal bikin bahasa pemrograman komputer, tapi dodol banget soal bahasa Inggris. Jadi saling mengisi soal belajar saman dia, secara text book 90% in English semua. Khan englishku ga sedodol si Bowo kekekkekekek

Sewaktu aku masuk rumah sakit. Ni memalukan banget karena kurang gizi waktu in my period aku deman tinggi sampe dilarikan ke rumah sakit. Bikin malu… dan biaya mens temahal sampe jutaan… kalo dibeli pembalut bisa stok berapa tahun tuh huhaauhaahahaha sintinkkkkk…..

Bowo ngerjain tugas multimediaku semua, dia yang nawarin, baguslah seandainya sehat juga aku bisa sakit ngerjain tugas bikin program simulasi seperti itu….. TAPI ada tapinya semester berikutnya dia memberikan tugas bahasa Inggrisnya, mata kuliah yang dia ulang karena dapat nilai E.

Bowo itu muslim garis keras, celana gantung, trus dulu sih pake jenggot dikit. Waktu aku minta nebeng ke Kampus utara, dia nolak aku katanya ga bisa. Dengan alasan karena aku bukan muhrimnya. Gondokkkkk ga sehhhh ada cowok yang nolak boncengin aku😦

Beberapa bulan kemudian malah dia yang nawarin mboncengin aku, tapi dengan syarat kalo dari MIPA utara, aku harus nunggu di depan kampus Geografi (kampusnya uncle goop). Karena dia parkirnya di depan musholla, enggak enak dilihat anak musholla katanya….😛

Kami berteman baik, pernah keliling jogja cari toko elektronik yang jual sensor panas untuk tugas akhirku, ga dapat-dapat malah berakhir di mall, bantu milihin baju dia.

Btw karena aku sering jalan ama dia, aku hapal letak musholla tiap mall di Jogja. Karena pas jalan pastinya kena di waktu sholat dan aku harus nungguin dia sholat. Persahabatan yang indah khan???

Tapi bukan berati kami ga pernah debat soal agama, sampe marahan dan ambil keputusan persahabatan yah persahabatan, agamamu ya agamamu, agamaku ya agamaku.

Bowo itu pinter banget, pernah kenal orang yang nilai Fisika Ebtanas SMU-nya dapat 10?, nah cuma Bowolah yang aku tau sampe sekarang.

Bowo ngambil jur Fisika karena dia ga tau jurusan lain, dia berasal dari desa di Sumatera Barat. Tidak kenal apa yang namanya bimbingan test untuk UMPTN, dan untuk mendengar berita bahwa dia lulus UMPTN ayahnya harus berkendara ke kecamatan untuk mendapatkan wartel saat itu.

Btw kabar terakhir dia ngambil kursus bahasa Inggris, di nulis message ke FSku in English, dan Englishnya keren coy…

Pasti kau berhasil kawan, pintar, sederhana, soleh, jago bisnis seperti yang berasal dari Sumatera Barat pada umumnya.

Fisika Kedokteran, nih mata kuliah pilihan yang ngambil cuma 8 orang, mata kuliahnya gampang coyy cuma penerapan Fisika dasar di kedokteran kedip-kedip mata dan baca-baca aja waktu mo ujian nilai B di tangan, yang penting rajin kuliah dan catatan lengkap, semua yang diujiankan dari catatan itu kok.

Sewaktu mau ujian semester, kakak senior angt 98 aku lupa namanya. Bilang mau minjem catatan untuk di fotokopi, dia datang ke kostku, kostku dan kostnya itu ujung ke ujungnya jogja. Dan kedatangannya ke kostku dia dari ujung gang juga udah tau, suara knalpot astuti (astrea tujuh tiga)nya seperti tembakan perang aja. Dar dor dar dor…..

Aku mesti ambilin kain lap (untuk megang knalpot yang panas), ternyata knalpot motornya lepas wakakakkakakaka baru kali itu lihat knalpot lepas. Setelah selesai fotokopi dia pulang.

Besoknya aku tunggu-tunggu kok dia ga nongol2 ujian. Pas ketemu aku tanya ternyata dia salah jadwal.

Aku cerita itu sama temenku satu angkatan, ada yang ngakak, tapi ada yang bilang kalau itu tragis. Jauh-jauh ke kostku, pake knalpot lepas, tapi bisa-bisanya salah jadwal ujian.

Fisika Quantum. RRrrrrr mengingatnya aja merinding…… mata kuliah horoorrrrr euyyyyy

Mata kuliah paling ramai peminatnya, karena ohh karena buaaanyyakkk banget yang ngulang. SAtu angkt kami nilai tertinggi adalah D sewaktu pertama kali ambil mata kuliah ini.

Alm Prof.Muslim. Setengah jam pertama aku bisa menulis apa yang diajarkannya dan juga mengerti, setengah jam kedua, aku bisa menulis tanpa mengerti apa yang diomonginnya, setengah jam ketiga aku ga bisa nulis dan mengerti apa yang diajarkannya, dan tau pastinya setengah jam berikutnya cuma bengong gak ngerti dia ngomong apa sih….(kalau dibuat kartun kali kepalaku udah keluar asap hehehehehe)

Nih kutipan dari Preface buku yang kami pakai Introduction to Quantum Mechanics, David J. Griffiths

Richard Feynment (one of its greatest practitioners) remarked ‘ I think I can safely say that nobody understand mechanics Quantum’

So ngepain kita belajar mekanika kuantum, secara di pengantarnya aj dah bilang ga ada yang bisa ngerti. Behhhhhh. So wajar dunk orang yang otaknya pas2an seperti aku ini ga mudeng2 juga yang namanya kuantum walaupun berusaha rajin kuliah dan duduk di barisan depan.

Ada mata kuliah Fisika Kuantum A, dan Fisika Kuantum B. Dua- duanya aku dapat D. Yang satunya sewaktu aku tahu dapat D aku melompat kegirangan, aneh khan? karena kalo E harus ngulang karena mata kuliah wajib, yang satunya menunggu detik-detik aku mau lulus dan nilainya belum keluar, kalau lama keluar aku wisudaku bisa diundur.

Dengan memberanikan diri aku bertemu dengan Prof. Muslim. Apa yang kudapat? “kamu mau dapat nilai E?” dia ngomong gitu… E berarti aku menambah setahun lagi di kampus itu. tidaaakkkkkkkk.

Jarak tidak sampai 50 m dari ruang dosen ke parkiran terasa jauh sekali. Duh tuh air mata udah mendesak di kelopak mata. Aku lupa aku minjem motor siapa waktu itu. Yang pasti aku pake helm standard, yang kacanya gelap, naik motor keliling ringroad Jogja sambil nangis. Dan kembali ke kost ketemu teman seperti tidak terjadi apa-apa.

Aku ogah ke kampus, ngambek nih ceritanya sampai orang dari jurusan nelpon.

“ndah nilai Quantum A udah keluar” kata Bapak itu.

“kamu dapat D”

“B pak?” tanyaku seperti mimpi

“Bukan B ndah, D Delta” katanya mempertegas, walaupun D aku tetap senang bukan main, aku bisa wisuda cooyyyyyyy….. horreyyyyyyy

Ahh ga terasa ya itu udah beberapa tahun yang lalu, sekarang udah kerja. Tapi kenangan kuliah ga terlupakan.

Ada beberapa teman kuliahku dulu yang ngeblog. TErlihat benar kecerdasannya.

Coba ambil waktu melihat blognya Adit, atau blognya Rohmad, atau satu lagi nih blognya Chusnan.

Yah kategori blog cerdas, ga blog trashbin kayak blogku ini hihiihihihi….

Ahhh Temanss….. kuliah tak sekedar belajar mata kuliah, aku banyak belajar dari kelidupan yang kita jalani, dan kisah kalian yang menginspirasi aku..

Moga-moga kita makin sukses yahhhhh….. CHAYOOOOOOO ^_^

46 thoughts on “Kenangan Kuliah

  1. Perpus UPT III? wooogh.. ga punya kenangan apa-apa disana… hihihihi

    selama 4 tahun kuliah di UGM pun cuma dua kali menjejakan kaki disana😛

    jauh siiih dari FH:mrgreen:

    @chic
    hahaha kalo sy banyak mbak, toh kampus MIPA selatan tepat di sampingnya kan..:)

  2. Menarik ndah, asli… gw suka baca tulisan lo yang ini. mengingatkan saat-saat kuliah di UGM dulu.

    @kishandono
    thanks ya Kis…..
    yukkk mari bersama mengingat masa2 kuliah ^_^

  3. wakakakaka…
    sampe lepas gitu knalpot si astuti..

    baca ini bikin aku kuangen banget dengan masa kuliah.
    rasanya baru kemarin lulus…

    @easy
    iyah ..
    padahal tuh mas baik banget, pernah benerin tape-ku dengan upah sebungkus nasi padang hehehhe

  4. jahhh….gw kemarin emang JELAS nggak dikasih ama mama kuliah diluar pulau sumatra, harus didaerah pulau sumatra…

    katanya takut gw KAWIN..hu..hu..hu😉

    @okta sihotang
    seharusnya minta jurus ke saya
    jurus rayu merayu biar bisa kuliah di pulau jawa hehehhehehe😛

  5. Kirain kuliah di UKI (Universitas Kentir Indonesia), ngga’ taunya di UPT III, sorry salah baca…:mrgreen:

    @tuyi
    bukan mas, saya kuliahnya du UGM (universitas Gajah Mungkur) hehehe
    UPT III itu nama perpustakaannya…🙂

  6. betul Ndah, kenangan semasa
    kuliah dan ngekost sulit dilupakan
    walau kuliah di Medan, sy kost juga
    namanya juga wong ndeso
    *smp sekarang masih rindu
    dgn temen2 kost dulu,
    tp tak tau ntah di mana mrk skrng

    @mikekono
    dicari dunk tur temen2 lamanya….😉

  7. saya mau tamat membaca tulisan ini.. he..he
    salam kenal
    awak bertandang dari medan
    di pondok birahi memuntah kata ada jamuan sederhana, secangkir kopi pahit dan ubi (awas darah tinggi) kalau lah sempat datanglah..
    salam lagi

    @timur matahari
    salam kenal juga
    saya akan segera nbertandang ke sana ^_^

  8. Nostalgia yang hebat. Salam kenal, gw kesasar dan mampir malah beruntung…

    @Singal
    Terima kasih sudah kesasar ke sini🙂

  9. memang kalau dipikir pikir aneh juga ya..?! waktu kuliah pengen cepat selesai, sudah selesai pengin kuliah lagi…mending kawin aja dek….untuk re-generasi, he..he..he..
    Salam dari Amerika.

    @michaelsiregar
    kawin????
    hhahahahhaha (cuma bisa ketawa doannnkkkk)😛

  10. masa kuliah memang masa yang menyenangkan ya ndah. (Maksud bagian yang menyenangkan adalah bagian banyak maen daripada belajarnya). Hehehe….

    @kris tasrin
    Benar mbak, yang nyenengin maennya, belajarnya mah hororr hehehhehe…

  11. Salam
    haha..ngomong soal Fisika, gw punya pengalaman rada2 buruk, meskipun gw bukan jurusan fisika tapi di awal semester dapat juga cuma Fisika Dasar siy, mesti praktikum pula, saking sudah ga mood banget kuliahnya gw dapet D tapi nyengir aja, gimana engga waktu UAS entah kenapa keisengan itu datang gw malah bikin gambar aneh di lembar jawaban🙂
    So dengan sangat terpaksa gw ikutan semester pendek lah lumayan dapat B..*kok jadi curhat yak*
    And ngomong2 pengalamanmu lucu banget ya say, gimana jadi ga ikutan kopdar nya jumat kemarin🙂

    @nenyok
    huahauhahaha nekat loe Ney, mata kuliah Fisika malah loe “berkreasi” lain di lembar jawaban.😛
    Kopdar kemarin gw jadi ikutan, tapi di sana gw tiba2 jadi anak manis, yang diem ajahh huahauhahah
    kayak autis deh gw. maklum lah masih malu2 gitcchhuuuu hihihihii jijayyyy….

  12. jadi inget jaman kuliah……senang-senang malas belajar.
    gak usah malu jeung kalo blog-nya terlihat “kurang pintar” tapi menghibur kan…

    (soalnya blog saya juga sangat nista…)

    @geRrilyawan
    ga malu kok, walaupun blognya malu-maluin😉

  13. beuh… saya paling gak suka fisika…😛

    ah, jadi teringat masa-masa kuliah…

    @ck
    Saya sih jatuh cinta sama Fisika, tapi tidak dengan matakuliah di semester 5 itu.. hehehhe

  14. aduh..aduh..fisika..
    biarpun saya dulu kuliah di bawah yang namanya ‘fisika’ tapi tetep aja ‘fisika itu susah’

    @snydez
    fisika susah?? mhhhh biar saya berpikir dulu..
    kayaknya memang iya sihhh, syushhahhhh

  15. waa..jadi terlintas la9e neeh masa2 kuliah lalu ndah..;)

    jadi in9eett..akh…

    dolo neeh ndah pas sma daku suka plah=jaran fisika karna 9uruna cakep hehe,terbukti nilai fisikanya ba9us,ech pas 9anti 9uru lan9sun9 jeblok hahha

    @wi3nd
    guru fisika keren? mauuuuuuuuuuuuuuuuu ^_^

  16. sampai terpesona bacanya, apalagi waktu baca yg persahabatan dengan si bowo

    jaman sekarang sulit cari sahabat yang benar2 sahabat🙂

    @Lala
    Wah mbak Lala, sampe terpesona gitu🙂
    memang iya mbak, cari sahabat di zaman sekarang itu susah.

  17. jd ingat dulu punya sejarah fisika buruk semasa SMA, ngga ada guru SMA-nya .. mkn gara2 itu juga ngga bisa masuk PTN pilihan aku..😦

    akhirnya masuk juga ding.. 1001 jalan ke roma.. :p

    @marojahan sigiro
    wah sampe segitunya yahh gak ada gurunya😦
    tapi yang penting masuk PTN khan?😉

  18. ternyata riwayat kuliah bisa ditulis dengan gamblang disini🙂
    walopun klo 8 semester seh…. nggak akan cukup klo ditulis satu persatu

    @afwan auliyar
    8 semester disingkat jadi kayak postingan di atas mas, tapi enggak semua mata kuliah dibahas sihh😉

  19. wow.. panjang amat ceritanya..hehe..
    mantap dong bisa lulus dari fisika
    temanku malah menyerah…
    keluar dari jurusan fisika ujian lagi
    nyari jurusan lain…hehe..

    tapi enak juga ya mengingat2 masa2 kuliah
    kadang pengen balek ke masa itu…hhwhwhw..

    @ruben
    Iya Ben, kalo aku cerita sukanya ceritanya panjang, susah cerita pendek🙂
    balik ke seneng2nya sih mau, tapi balik pas UAS-nya oohh tidakkkkkk…..^_^

  20. jadi kangen masa kuliah…kalo sekarang uda berkutata ama rutinitas kerjaaan ^_^

    @Cebong Ipiet
    yahhh sesekali mengenang masa kuliah menyenangkan juga

  21. Wah panjeng banget ya. Sampe seabreg gitu kenangannya Kuliah. Kalau saya kuliah malah ndak terlalu banyak yang bisa diceritaken. Kuliah malah lebih banyak saya habisken buat berkesenian di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

    @-=«GoenRock®»=-
    kenangan di luar kuliah (seperti kegiatan UKM) si banyak juga goen, tapi itu aja dah panjang entar dibikinin seri berikutnya hehehhe

  22. Heeee kenang itu terulang lagi😀
    Gelandangan Kembali Kuliah horeeeeeeeee

    @Gelandangan
    wah asyiknya.. selamat berjuang dan bersenang-senang yahhh

  23. UMPTN? pasti angkatan 90-an? hihihi. Fisika? makanan apa ya? Ndak ngerti😀

    @dondanang
    90’an masuk kuliahya ya? wah pati ga baca postinganku seluruhnya nihh (pake jari nunjuk-nunjuk dan menuduh) ^_^
    aku masuk kul 2000

    makanannya apa aja yang bisa dimakan hehehhe

  24. wew…. cape…. baca….
    bener-bener adventurer neh ceritanya…
    btw, jogja emang menyenangkan buat kuliah…

    pernah nyelundup kelas teknik kimia temen juga…
    pernah masuk ke psikologi dengan kaos oblong dan sandal jepit… dan dicegat satpam saja, diinterogasi ktp. wew… ktp bandung, paaak!! ampun!!

    @Winnu Ayi
    ternyata nakal juga yah waktu kuliah hehehhe

  25. hmmmm, seru juga masa2 kuliahnya, btw. salam kenal ya, tapi masih bisa bahasa karo atau sudah lupa nih, br. sitepu pulak yakan .. mejuah-juah mpal!

    @dev
    kai kin si man katanken?
    nggo metropitan kel akapndu aku, maka la banci cakap karo??😉
    mejuah-juah mpal

  26. cerita yang menarik…
    mampir ke blog saya, please kunjungi link yang saya masukan ke dalam blog saya, baca dan analisa secara seksama, be positive…
    saya berharap kita dapat meraih kemapanan finasial bersama…

  27. ah yang bener ndah?…ke ke ke ke. toh yg penting sekarang kita berusaha jadi yang lebih baik…setuju? sementara ini, kuliah dpt difahamkan sebagai arena mengasah attitude kita sebagai ilmuwan secara umum. entah dimana kita berada…, rasa ingin tahu, bagaimana mencari solusi, optimalisasi, pengumpulan data, pengenalan pola…dstttt….

    pasti ada hasilnya…betul kan nda?

    ndah kala mau tau blog keluargaku, di http://rhdblog.multiply.com/

    @rohmad
    ilmuwan secara umum?
    wah rohmat tetap rohmat yang dulu ilmuwan sejati hehehhehehe
    iyalah kuliah itu pasti ada hasilnya, walaupun kerjaanku ga ada nyambung2nya ama Fisika😛

    entar aku menuju TKP melihat keluargamu, otre pren😉

  28. eh, ada disebut kampus saya hahaha
    bahkan ku tak pernah menuliskannya, maafkan duhai kampusku.
    tapi terima kasih hehe😀

    @goop
    paman, lagi di mana nih? di yk? wiken ini sy ke yk tugas kantor..:)

  29. FISIKA?? tidaaak!!
    hmm, gw dari smp s/d sma yang namanya fisika gak pernah item, kebakaran trus. Ebtanas dapet 4, untung di ijazah 7, ni juga karna kasian kali ya…

    Wah ternyata indah anak ugm ya, salam dari anak unand deh…
    hehehe
    piss

    @OpPIE
    mungkin karena ga dapat guru yang menyenangkan, jadi belajarnya BT ama pelajarannya..
    oppie anak unand tohhh… mmhh (sambil manut manut..;) )

  30. asyik ya nostalgila kuliah hehe, aku juga lagi pengen posting kenangan menyebalkan tapi indah semasa kuliah tapi blum ada waktu nih…sibuk ngebabu hihihi

    @novnov
    wah mbak ngebabu kok awet banget? hehhehehe

  31. salam kenal ya….sy temen indah asli. he he he. btw coba lihat filem IQ THINK LOVE bagus…..ceritanya berlatar belakang kehidupan einstein tp membahas kisah cinta anaknya yg disukai seorang biasa

    keren n lucu

  32. itu semua perjuangan yah
    jadi inget deh pengalaman sendiri hahahaha
    tetep semangat

    dan lam kenal

    @Yogi
    salam kenal juga Yogi😀

  33. hanya dimasa kuliah begitu banyak pahit manis kehidupan yang dirasakan, canda tawa dengan teman kuliah mungkin akan menjadi kenangan abadi dimasa tua mendatang….jadi kangen masa2 kuliah dulu…

    @poetoe
    yukk berkangen2 ria….^_^

  34. Persahabatan masa kuliah memang susah untuk dilupakan begitu saja mbak Indah. Sukses selalu untuk mbak Indah dan teman-temannya. thanks

  35. Pas waktu kuliah rasanya enak bangett lihat org yg sudah kerja… Tapi skrng pas kerja, baru tahu rasanya trnyata yg paling enak tu masa-masa kuliah ya Ndah… ^_^

    @Aditya
    sebenarnya semua enakkk, kadang2 mengingat2nya keenakan jaman kuliah menyenangkan…🙂

  36. hai…salam kenal,
    Kenangan masa kuliah yg indah,membuatku kembali teringat masa sekolah dulu dgn tokoh di cerita mu..bowo suranto..dia tmn deketku di smu dulu..aku,bowo dan dedi sama2 brkt k jogja tuk UMPTN msk UGM,tp yg lulus cm dia..aku msk UII,dedi msk Unv.Andalas…tp sejak gempa jogja dulu aku hilang kontak dgn bowo…hp nya ga bs dihubungi…kalau ada info tentang bowo,tolong kabari ke email ku ya…atau hp ku 08121575595,ku mohon kabari ya…thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s