Ci Indah

Ci Indah, gitu SPG di pameran manggil aku. Entah dari manapun bisa jadi nci, cipit enggak, putih apa lagi😛

Untuk SPG biasanya kami rekrut yang sudah sering menjadi SPG produk kami, jadi ga capek njelasin produk. Lebih lagi kami mengharapkan SPG sudah bisa langsung jualan ga cuma bisa bagi brosur doank, terutama untuk printer- printer tipe low-end.

Bukannya kita pingin SPGnya harus chinese, tapi berdasarkan pengalaman, mereka ini lebih ulet dan lebih semangat. Seperti pameran sebelumnya karena menggandeng 2 distributor di satu pameran, satu distributorku memilih memakai SPG dari agent, campur deh, ada tampang oriental dan melayu. Ternyata sewaktu di gudang tempat pameran, aku ngobrol sama satu SPG dan dia orang batak. Wah tentu saja aku teringat temanku yang mencari boru batak, berhubung tampang SPGnya ini lumayan juga, tapi rencanaku aku urungkan karena setelah mengobrol dia nanya, ” eh di sini boleh ngerokok ga ya?” beh secara temenku yang cari boru batak itu merokokpun enggak.

Dan sangat disayangkan si SPG yang boru batak ini sok SPG senior tapi malas kali kutengok. Kalau SPG malas biasanya aku tegur dengan bercanda. “wah kamu ga tertarik incentivenya ya?” tanyaku, dengan santai dia menjawab ” wah saya SPG dah dari kapan tahun, masa ngarapin incentive”. Jawaban yang lumayan mengejutkan. lalu aku jawab “waduhhh.. saya aja masih ngarapin incentive tiap bulan”.

Beda dengan SPG kami yang dari suku chinese, ketemu di toilet dan mereka ngobrol ” duh gw baru jualan dikit nih, lu dah jualan berapa?” wah dengernya aja bikin seneng, setidaknya mereka ada semangat dan ada rasa bersaing antara SPG satu dan lainnya.

Mungkin si SPG boru batak tadi merasa incentivenya kecil, ya iyalah kalo dilihat dari 1 unit cuma 10 -30 rb. Tapi barusan aku ngitungin incentivenya SPG pameran yang berlangung beberapa hari lalu. satu SPG bisa mendapat lebih kurang 1 juta untuk pameran 5 hari plus fee mereka jadi SPG 300rb/ hari, jadi total yang mereka dapat Rp. 2,5 juta untuk 5 hari kerja. Menurut aku itu lumayan untuk mereka yang masih kuliah.

Apakah semangat mereka itu karena faktor genetik? ah aku rasa tidak, mungkin karena faktor didikan yang mereka terima di keluarga.

aku yakin bukan faktor genetik, buktinya aku bisa jadi ci Indah😛

Leave a Reply

