Sarden Telur

Sedikit ingin berbagi dari hasil eksperimen.

Setiap sabtu pagi, aku ikutan Rani ke pasar. Biasanya kalo udah belanja berdua kami jadi sedikit “liar”. Pengen masak ini pengen masak itu. Jadinya belanjaan kami kayak mau ngasih makan satu kampung. Bukan malah hemat, jadi belanjanya macem2.

Oh ya .. sudah satu bulan aku masak di kost, jadi ke kantor bawa bontot, usul masak bareng itu sih dari Rani, tapi aku langsung mengaminkannya. Berhubung aku kemarin kena gejala mag, harus makan teratur.

Jam 5 pagi bangun, kalo hari biasa Rani yang ke Pasar, sabtu aja aku ikutan belanja.

Persamaanku dengan Rani, suka masak dan suka makan. Biasanya kata orang kalo masak sendiri jadi ga selera makan, karena udah cium baunya sewaktu masak. Kalo aku sama Rani ga ngefek sama sekali, tetap aja lahap. ^_^

Tadi pagi bereksperimen dengan Ikan sarden kalengan. Baru kali ini kami masak sesuatu yang dari kemasan. Dan aku agak geli makan sarden yang sedikit licin2 gimana gitu…. Makanya agak dikreasikan sedikit.

Ada yang pengen mencoba? voila….. 😀

Bahan : 2 kaleng kecil ikan sarden, 3 butir telur

Bumbu;

Bumbu untuk ikan : 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih

Bumbu untuk kuah yang dihaluskan : Cabe sesukanya, 2 siung Bawang merah, 3 siung bawang putih

Bumbu untuk kuah yang dipotong2: cabe merah (potong miring), Cabe hijau kriting (potong miring), 2 siung Bawang putih, 2 buah tomat, seledri (daun bawang)

Cara membuat:

1. Ikan dipisahkan dari kuah yang di kaleng, haluskan campur dengan bumbu dan telur sampe tercampur rata, beri sedikit garam.

2. Goreng ikan yang sudah tak berbentuk ikan tadi, sesendok demi sesendok (bentuk jadinya mirip bakwan)

3. Untuk kuah, sebenarnya ga papa kalo memilih bumbu dipotong saja, atau dihaluskan saja. Tapi ini jalan tengah yang kami ambil, karena Rani pinginnya dihaluskan dan aku prefer di potong saja (biar kelihatan menarik perpaduan cabe merah dan cabe hijau)

4. tumis bumbu yang dihaluskan, tunggu sampai wangi kemudian masukkan kuah yang dari ikan kaleng tadi.

5. Kemudian masukkan tomat, bawang putih yang dipotong2. Tunggu sampai tomat jadi melebur jadi satu dan tak berwujud tomat lagi, tambahkan air dan garam secukupnya.

6. Masukkan cabe hijau dan merah, (terakhir dimasukkan agar warna cabenya masih bagus)

7. Ikan yang sudah digoreng dimasukkan ke dalam kuah yang lagi mendidih, terakhir masukkan daun bawang aduk merata. Lalu matikan kompornya.

8. siap disajikan.

Tips: pake banyak bawang putih, soale ikan2 begini agak2 amis, “obatnya” ya bawah putih, sebenarnya lebih ok lagi kalo telur yang digoreng tadi ditambah merica sedikit. 

Ide masak ini berawal dari teman kost di Jogja (Rika), yang katanya suka nggoreng ikan sarden pake telur kalo di rumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s