Global Warming

Mau share dikit tentang global warming atawa bahasa kitanya pemanasan global.

Isu ini dah lama sih terdengar tapi belakangan makin ngetop aja, ditambah dengan langkah om Al Gore yang getol untuk mengingatkan bahayanya global warming.

Global warming refers to the increase in the average temperature of the Earth’s near-surface air and oceans in recent decades and its projected continuation.” (dari Wikipedia)

Penyebabnya sih dari makin dikitnya  hutan di dunia dan juga pembakaran bahan bakar dari fosil (minyak dan batu bara) yang secara terus menerus selama 200 tahun terakhir. Bikin CO2 muakin buanyak dan “terperangkap” dilapisan atmosfir kita.  Istilah yang sering kita dengar yaitu efek rumah kaca.

Ini ada beberapa  tips dari Indah;

Hemat energi 

Dari yang simpel dulu, bagi teman2 yang masih ngekost, pilihlah kost yang tidak ber-AC (bagi yang masih tahan). Memang sedikit agak berat, dengan makin panasnya kota Jakarta, aku sendiri belakangan ini sempat kepikiran untuk pindah ke kost yang ber-AC.

Kalau beli elektronik, pilih yang ada logo Energy star. Melambangkan produk tersebut hemat energi. Kalau beli printer, pilih Fuji Xerox soale ada logo tersebut (nah lohh kok jadi iklan hehehhehe..)

Kurangi produksi sampah 

Yang paling banyak ditemukan adalah sampah plastik. Yang biasanya digunakan sebagai kemasan suatu produk.

Bagi yang suka cemilan dalam kemasan plastik, gantilah cemilan yang kemasannya bukan plastik, contohnya yang suka ngemil coklat ganti cemilan jadi arem2, khan kemasannya dari daun pisang.

Atau lebih ok lagi yang ga perlu pake kemasan, contohnya lupis. Entar aku tunjukkin tempat jualan lupis yang enak di daerah menteng.🙂

Kantong plastik yang kita dapat dari belanja, jangan dibuang ataupun disumpel2 jadi sarang nyamuk. Lipat yang rapi, jadi ga makan tempat. Suatu waktu bisa dipakai lagi.

Kalau lebih kreatif, sampah yang diproduksi bisa didaur ulang. kalau yang ini jujur aku ga sempat.

Bikin O2 mu sendiri 

Cemana pula bikin O2?

Madsudnya nanam pohon. Bagi yang punya rumah bisalah dia nanam pohon mangga di depan rumahnya, kalau kayak aku yang ngekost gimana dunk?

Kalau aku pribadi pohonku ditanam sama orang lain. (Note: tidak termasuk pohon jeruk di kampung)

Secara otomatis tiap bulan didebet dari cc-ku. Lewat greenpeace.

Hampir setahun lebih aku ikutan programnya si greenpeace, cuma dikit, paling bisa beli bibit 2 pohon hehhehe, mendinglah dari pada enggak sama sekali😛

Itu sedikit tips dari Indah, ada sih beberapa tentang tips berkendaraan, berhubung aku juga ga punya kendaraan agak malas nulisnya.🙂

Kadang kita berpikir, tidak banyak yang bisa kita lakukan, memang tidak banyak…..tapi setidaknya semua berawal dari hal2 yang sederhana. ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s