Integritas

Berhubung sangat lama tidak ngeblog, maka posting kali ini agak serius sedikit.

Pingin membahas mengenai integritas.

Apa sih integritas itu, nah lihat di wikipedia ;

Integrity is a concept of consistency of actions, values, methods, measures, principles, expectations and outcomes. In western ethics, integrity is regarded as the quality of having an intuitive sense of honesty and truthfulness in regard to the motivations for one’s actions.

Yah bicara gampangnya adalah bicara kejujuran, memegang teguh nilai yang benar, walaupun itu harus melawan arus, walaupun begitu banyak kesempatan untuk berbuat curang, tapi berani tidak curang, nah itu yang keren.

Tapi di indonesia kita ini yang disebut keren adalah orang yang kaya raya, yang bisa membeli barang-barang bermerk, kalau cewek pakai sepatu Loubotin, nah baru keren,  jinjing xenia (madsudnya tasnya seharga Xenia :P ), yang begini begini yang disebut keren.

Tapi orang yang penuh integritas, hidup jujur walaupun banyak kesempatan curang, atau bisa dibilang banyak kesempatan korupsi tapi tetap jujur, ini malah disebut¬† begok, sok ga butuh duit, atau cibiran lainnya…

-_- Aneh banget kan ??

Ingat ga Tommy Suharto? masuk penjara karena kasus pembunuhan, sewaktu keluar dari penjara, ngetop-ngetop aja tuh, dikelilingi dan dipuja cewes cewes…, yang penting banyak duit,¬† mau moral kayak apa, mau pembunuh kek, koruptor kek, maling kek, yang penting kaya raya… nah itu yang keren di mata mayoritas manusia di Indonesia ini.

Kalau mau Indonesia lebih baik, setidaknya orang-orangnya harus punya integritas.

Apakah cuma mimpi kalau di Indonesia ini, yang dianggap keren adalah jujur?

Tidak ada yang salah untuk menjadi kaya, tapi jadi masalah kalau kayanya aja yang dilihat dan menjadi utama, bukan prosesnya menuju ke sana.

Kalau kaya raya karena ulet dan pantang menyerah.. kasih deh tuh empat jempol, tapi kaya raya karena korupsi tapi masih dianggap hebat….. nahhh baru jadi masalah.

Mengaplikasikan Integritas itu sebenarnya ga rumit-rumit amat, dari hal-hal kecil disekitar kita.

Seperti di kerjaanku sekarang, kesempatan untuk aneh-aneh itu besar, work under extremlyminimum supervison. Bosnya datang sebulan sekali, di kantor cuma berdua, dan kesempatan aku untuk berbuat menyimpang pastilah ada.

Tapi di sini aku belajar, apa artinya integritas, menunjukkan bahwa si boss ga salah pilih orang, dan gaji yang dibayarkan ke aku adalah layak dan pantas, dengan mendapatkan karyawan dengan kualitas seperti aku ini.

Hue..he..he… narsiiiisss… Tapi ini bicara kenyataan kok. Orang pintar banyak dicari, tapi orang jujur susah.

Apalagi orang pintar dan jujur seperti Indah ini.. *pletakkkkk*

Adohhh sudahlah makin lama makin ngaco ini tulisan.

Yang pasti teman-teman, mari menjaga integritas, itu menaikkan nilai sendiri, dan juga kalau semua penghuni negeri ini bisa menjaga integritasnya Indonesia Jaya Makmur pasti ada di depan mata…

Setuju..??? ;)

About these ads

7 thoughts on “Integritas

  1. .
    Jadi inget pacar dulu juga gitu. Kerjaannya cuman jaga kantor, gaji gede… :lol:

    @Mbelgedez
    wah kok bisa ingat ya?
    apa yg mengingatkan?
    kerjaan saya ga jaga kantor, malah harus keluar kantor, gaji gede yahh relatif dibandingkan dengan siapa dulu :P

  2. iya apa mau dikata, fakta membuktikan itu. (saya juga sdh lama ga ngeblog, tiga minggu lalu kuoretkan satu buah pikiran..hehehe)

    @Singal Sihombing
    pada pindahan ke twitter n FB :)

  3. Tiba2 seperti berada di ruangan dengan pak pendeta khotbah di depan mimbar! :D hehehe
    Setujunya awak ini dgn apa yg kau tulis Ndah :) jd kapan gue ditraktir? *eh* hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s